Organisasi : Core VS Non-Core

Di perusahaan saya sedang mengalami sebuah permasalahan yaitu polemik metodhe pembagian Insentif atas pencapaian Ukuran Kinerja/KPI Unit Bisnis dengan membedakan fungsi Core dan Non Core.

Bagimana pendapat kawan-kawan tentang pembedaan ini. Dimana sebelumnya KPI masing-masing fungsi merupakan cascading dari KPI dalam satu Unit Bisnis. Hasilnya pun kini semakin memprihatinkan, selisihnya bisa 2 hingga 3 kali. Lebih besar core tentunya.

Cut off antara core dan non core sebaiknya sampai level mana yah? Direktorat? Unit Bisnis? Fungsi? Seksi?

Salam,

7 thoughts on “Organisasi : Core VS Non-Core

  1. Tiap organisasi mempunyai karakter masing-masing.. semuanya tergantung dari peran dari tiap2 unit dalam organisasi… core or not core tergantung si penilai.. dalam perusahaan yang saya pimpin dalam hal pembagian insentif… saya menerapkan asas keadilan dimana semuanya saya bagi rata.. bahkan saya sebagai pimpinan pun dapat sama dengan anak buah.. positifnya rasa kebersamaan kami lebih kuat karena kami membagi rata semuanya menjadi core dalam bisnis ini.. negatifnya.. tidak ada beban untuk menuju yang lebih baek karena semuanya sama…tergantung dari level management dalam perusahan Pak Andi Sendiri….

    Salam Kenal
    Tjia Anthony
    PT DHIKA TRABU JAYA

  2. Terima kasih pak Anthoni atas sharing -nya..

    Kalau menurut saya Insentif seharusnya dilainya sama dalam satu Direktorat. (organisasi masih belum share service center) Misal: Di direktorat Pemasaran didalamnya pasti ada orang Keu, Orang IT, Orang Pemasaran, Sales, dll. Orang-orang itu mau- tidak mau dalam satu rangkaian proses bisnis yg tidak bisa putus. Dari Plan, PR hingga Payment.
    Kalau di bilang orang Sales dan Marketing yang Core, apa ini betul?

  3. strukturnya pertamini udah terlalu gede kali, lha direktorat pemarasan sudah punya orang it, finance, dll segala ..🙂

    susah mau bilang core dan bukan core. harusnya direktorat sales, marketing dan produksinya yg core. itupun jgn sampai beda insentif sampai 300 persen. mabok lah yg lain .. :p

  4. Kalau di bilang orang Sales dan Marketing yang Core, apa ini betul?

    Tergantung pada perusahaan itu sendiri.. penilaian core atau not core… tergantung dari inti perusahaan itu sendiri.. kalau.. perusahaan itu sangat bergantung pada sales dan marketing… atau begini kalau kinerja sales dan marketing berbanding lurus dengan peningkatan kinerja perusahaan maka bisa dinilai core.. tapi ada juga di beberapa perusahaan main core nya malah bukan di sales dan marketing lho.. nah. tergantung dari perusahaan tersebut… penilaian harus dilakukan oleh top management..dan dapat diterima level bottom management

Leave a Reply / Tinggalkan Pesan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s