Aku dan si Pencuri Minyak Mentah Pertamina di Lawe-lawe

Masih ingatkan pencurian Minyak Mentah oleh Oknum Pertamina di Balikpapan beberapa tahun yang lalu? Kejadian heboh yang memerahkan telinga SBY karena disaat orang-orang menangis kelangkaan BBM ada orang yang tega mencuri Stock Minyak Mentah Nasional milik Pertamina. Siapakah orang yang mencuri minyak itu? Bagaimanakah hubungan si pencuri dengan saya? Hahaha..banyak kejadian diluar imajinasi saya, kenapa orang yang saya yakini baik-baik saja ternyata sangat cerdik bahkan licik, licin, dan kreatif.

Si Pencuri itu berinisial SMD. Saya mulai mengenal SMD sejak ditugaskan di Oil & Gas Accounting. Diamana tugas saya adalah salah satunya menghitung dan menandatangani Certificate of Quatity Discharge dan Quantity Loading. SMD sendiri seorang Loading Master yang memiliki pengalaman segudang di bidang Loading & Discharge Minyak. Loading Master bertanggung jawab terhadap seluruh proses operasi loading dan discharge dari kapal hingga ke Tanki penimbunan. Loading Master memiliki anak buah yang mengukur di Compartment kapal dan Tanki penimbunan.

SMD ditugaskan di Area Discharge Minyak Mentah di Terminal Lawe-lawe. Lawe-lawe merupakan daerah kecil di remote sekitar Balikpapan. Daerah yg malam harinya sunyi dan gelap. Apalgi di daerah lautnya. Lebih lagi di Single Point Mooring (SPM). SPM ini merupakan area dan titik dilaksanakannya loading minyak curian. Terminal Lawe-lawe digunakan untuk membongkar Tanker Minyak yang besar yg tidak muat masuk ke Teluk Balikpapan.

Setiap ada kapal Tangker 1,000,000 barel datang, pasti kami dari Oil Gas Accounting diwajibkan datang untuk menghitung bongkaran minyak. Disinilah saya selalu harus bertugas bersama-sama SMD. Saya termasuk pekerja baru (dulu) yang selalu dibimbing oleh SMD dalam hal menghitung minyak, trik-trik pencuri minyak, bagaimana mengakali Surveyor dll. SMD memang jago dalam hal-hal ini. SMD termasuk pekerja cerdas dalam satu angkatannya.

Bersambung……

9 thoughts on “Aku dan si Pencuri Minyak Mentah Pertamina di Lawe-lawe

  1. saya juga tunggu ini lanjutannya .. kira2 apa ada hubungan nya dengan lawe-lawe yang sepi dengan pencurian minyak yah…..telus bagaimana hubungan si aku dan pencuri minyak lebih lanjut…..

  2. Pak Andy,

    Kebetulan browsing di Indonetwork dan ketemu alamat Blog Pak Andy.

    And straight to the point saja, ada buyer yang lagi cari base oil utk export, tolong advise apakah ada kenalan di bagian marketing di pertamina pusat Jakarta yang berwenang menangani export base oil secara legal ?

    Thanks atas bantuannya!

    Best Regards,
    Ed

  3. waduhh..bikin penasaran aja nih sambungannya..ato jgn2 ga ada sambungannya sengaja digantung ? takut terlalu extreme? apa nanti bkl ketauan sama surveyor lagi? hehe..permainan itu memang selalu ada yaaa..ck.ck.ck…

  4. ini kaya’nya gk ada kelanjutan…ada mop seorang opa cerita dengan cucu nya, ..
    Opa : waktu zaman soekarno opa adalah pejuang yang tak mengenal takut,,opa mati matian merebut kemerdekaan biar peluru berdesingan diatas kepala opa tdk gentar
    Cucu : hebat opa..waktu zaman Soeharto opa
    Opa : Oh opa bersama sama mengisi kemerdekaan ini pekik opa penuh semangat..
    Cucu : waktu zaman PKI opa dimana
    tiba tiba opa menangis, dan sang cucu terheran2 apakah opa sedih atau apa dalam hati sang cucu
    Opa : huhuhuhu opa terlibat

Leave a Reply / Tinggalkan Pesan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s