Beasiswa / Scholarship: Bagi-bagi tips & trick yuks mendapatkan beasiswa

Buat temen-temen yang mempunyai tips dan trick mendapatkan beasiswa baik luarnegri maupun dalam negeri dapat silakan berbagi di blog saya.

Biasanya beasiswa dapat dikategorikan sebagai berikut:

1. Beasiswa luar negeri VS beasiswa dalam negeri.

Contoh nya adalah untuk luar negri adalah beasiswa AMINEF, AUSAID, FULBRIGHT, dll. Untuk dalam negeri contohnya adalah Supersemar (almarhum), Sampurna Foundation, Beasiswa dari Universitas or Yayasan dari dalam negeri lainnya.

2. Beasiswa swasta VS beasiswa pemerintah.

Beasiswa dari pemerintah biasanya melalui institusi seperti STAN, Akademi TNI/Polri, Departemen2 pemerintah seperti Deplu, BI, Depkeu dll. Untuk swasta biasanya dari perusahaan perusahaan (bisanya dari CommDev) seperti Beasiswa Pertamina, Exxon, Epson dll.

3. Beasiswa ikatan dinas VS non ikatan dinas.

Beasiswa ikatan dinas bersifat mengikat kepada penerima beasiswa untuk melakukan ikatan dengan pemberi beasiswa seperti STAN, Akademi TNI/Polri, Akademi Imigrasi dll. Untuk non ikatan dinas, pemberi beasiswa memberikan kebebasan kepada penerima beasiswa untuk menentukan setelah kelulusan.

Kepada temen2 yang ingin berbagi, bertanya tentang tips dan trick mendapatkan beasiswa, dan bertanya informasi beasiswa dipersilakan.

Khusus untuk beasiswa di ExxonMobil Oil, Pertamina, Yayasan Kemala, SMA Taruna Nusantara bisa menanyakan langsung ke saya, insya Allah bermanfaat.

Salam,

43 thoughts on “Beasiswa / Scholarship: Bagi-bagi tips & trick yuks mendapatkan beasiswa

  1. mas nm saya Yusak,saya mau tnaya gmn sih daptein beasiswa dr perusahaan2 spt ExxonMobil Oil? apakah beasiswa yg di berikan t’batas utk bebrapa jurusan sj?-thx

  2. Allow dek Yusak.
    Thanks atensinya. Semoga keinginan mendapatkan beasiswanya dapat tercapai. Keep ur spirit yaa…!!

    BEasiswa ExxonMobil Oil Indonesia (EMOI) diberikan ke semua Fakultas dan Jurusan. Tidak untuk tekhnik saja. Kawan-kawan dari disiplin Ilmu sosial juga berhak mendapatkan. Contoh adalah Tengku Viola (Ola) Presenter Cakrawala Pagi AnTV. Dia dari Fisip UI, trus Satria Utama, Seorang Manager di Unilever dia dari Studi Pembangunan UI dll.

    Biasanya EMOI launch scholarship melalui media masa dan internet. Seleksinya melalui tahap administrasi dan wawancara. Emoi lebih obyektif menyaringnya. Beasiswa tidak di dominasi oleh PTN saja bahkan banyak teman PTS yang mendapatkannya.

    Kira-kira apalagi yg bisa diinfokan ke kamu?

    Salam,

  3. Hi
    salam kenal
    saya rully,
    saya mo nanya tentang trik and tips buat dapatin beasiswa yg dalam negeri maupun yg luar negeri

    terima kasih yagh
    saya lagi mencoba beasiswa yg dikeluarin oleh Tanoto Foundation

    thanks before

    rully rizki

  4. assalamu’alaikum wr.wb.

    mas, apa kbr? saya wida, mahasiswa tingkat akhir salah satu perguruan tinggi negeri di jakarta. saat ini saya sedang mempersiapkan penelitian, namun terhambat masalah dana. mohon bantuannya untuk memberikan informasi tentang beasiswa penelitian/skripsi S1. terimakasih dan salam kenal..

    wassalamu’alaikum wr.wb

    wida

  5. assalamu’alaikum wr.wb.

    mas, apa kbr? saya wida, mahasiswa tingkat akhir salah satu perguruan tinggi negeri di jakarta. saat ini saya sedang mempersiapkan penelitian, namun terhambat masalah dana. mohon bantuannya untuk memberikan informasi tentang beasiswa penelitian/skripsi S1. terimakasih dan salam kenal..

    wassalamu’alaikum wr.wb

    wida

  6. Ass.
    Salam kenal, sy Isti. Saat ini saya sedang proses penyusunan thesis bidang Linguistik ( Bhs Inggris ).Barangkali masnya ada info funding yang mau beayai riset sy ini, tolong do beri tahu ya mas. Thanks.
    Wassalam

    Isti.F

  7. salam kenal, mz Andy..

    saya ridhawulan, mhasiswa geofisika UGM angktn ’06..

    sya ingin tahu info beasiswa terutama dari chevron, schlumberger, dan exxon mobile.ltd.

    apakah untuk dekat-dekat ini, tawaran beasiswa dari perusahaan-perusahaan di atas sudah ad?

    trima kasih bnyk sblumnnya… ;p

    -wulan-
    mohon informasinya…

  8. salam kenal mas andy
    saya anggota polri yang baru selesai pendidikan SI dan ingin melanjutkan ke S2. apa ada beasiswa untuk anggota polri yang berpangkat brigadir seperti saya ini? kwebetulan saya fasih berbahasa inggris…
    terimakasih atas jawabannya…

  9. Mas Andy gimana kalo mas Andi bikin E-book tata cara mendapatkan beasiswa . Dijual ya Rp 15 ribu ato 5 USD ,pasang akun paypal. Mau deh saya beli.
    Soalnya saya mo ambil ke German tapi blm sukses.
    Trims sebelumnya.

  10. Perkenalkan nama saya Aris, saya sekarang masih duduk di bangku kelas 3 SMA di salah satu SMA Negeri di Yogyakarta. Pada masa penerimaan mahasiswa baru nanti saya ingin sekali melanjutkan kuliah saya di ITB (Bandung), akan tetapi saya hanyalah bagian kecil dari segelintir orang yang bisa dibilang ‘sangat lemah’ dalam hal ekonomi. Untuk mewujudkan cita2 saya, saya berusaha mencari beasiswa lewat googling, salah satunya yang saya temukan adalah dari Pertamina. Saya ingin bertanya, apakah ada beasiswa sejenis itu untuk pendidikan saya nanti (saat pertama kali masuk penerimaan mahasiswa baru).? Saya memiliki sedikit prestasi akademik dari tingkat Jawa-Bali sanmpai internasional yang mungkin bisa dipertimbangkan. Untuk itu saya mohon sekali informasi dan bantuannya. Terima kasih banyak….

    Aris

  11. salam kenal mas andy🙂
    saya amanda, sya mahasiswa smester 8 T.Sipil-ITS&skarang sdg mnyelesaikan Tugas Akhir.Saya sudah 3 kali mengikuti tes untuk beasiswa ikatan Dinas, tapi masih belum beruntung,hiks 99x:-).Tapi sya tdk putus asa utk slalu mencoba mengikuti tes tes yg sjenis beasiswa ikatan dinas. Untuk itu sya minta informasi mngenai beasiswa Pertamina.
    Thx BE4

  12. Hi
    salam kenal
    saya irfan, saya mau mencoba untuk mendapatkan beasiswa, saya lulusan akuntansi dari perbanas jakarta. dengan ipk 2.8
    saya kerja di salah satu media (surat kabar) di jakarta.
    kalau ada informasi untuk beasiswa di daalam atau luar negri tolong informasikan ke saya. karena saya berharap dapat beasiswa untuk S2 saya untuk masa depan saya.

    saya juga mau tanya tentang trik and tips buat dapatin beasiswa yg dalam negeri maupun yg luar negeri.

    terima kasih

  13. salam kenal mas……!
    saya mau tanya tolong dong ditampilkan informasi tentang beasiswa ikatan dinas untuk lulusan sma/smk gitu.
    tolong yaaaaaaaa

    terima kasih…

  14. mas andi saya anggota polriberpangkat bripda wilayah hukum sumsel mau tanya ni mas kira kira ada ngak beasiswa bwt anggota polri yang berijazah sma,gimana caranya biar dapetin beasiswa tsb mas,berikut persayaratan dan apa apa saja yang mesti saya siapain,kalau ada tips ny tolong dong mas di info kan.terima kasih mas ditunggu jawabanny.

  15. halo mas ary,,saya kemarin dulu nyoba ngelamar beasiswa tanoto,,tapi belum berhasil,,
    saya masih semester 2 di FEUI,,ipk terakhir saya 3,8an
    saya mau nanya soal beasiswa dalam negeri yang cukup menjanjikan dan dapat diambil mahasiswa tingkat 1 untuk meringankan biaya kuliah di tingkat 2 apa saja ya?
    dan saya juga sangat tertarik dengan exchange program atau summer school di luar negeri..
    terima kasih banyak…

    Ps:
    @ aris
    wah,,kalau kamu memang berprestasi tapi kurang mampu di bidang ekonomi,,
    coba beasiswa sampoerna foundation atau lippo bank,,
    banyak temanku yang dapet dan sangat membantu selama kuliah!!
    good luck ya…

    regards

  16. ‘lo…salam kenal
    w mahasiswa semester2 univ Budi Luhur….

    skrg gie hunting2 beasiswa nih..????
    emang klo dr Exxon mobil, pertamina tuh gmn sih…????
    seleksina, trus jumlah nominalna brp…???

    bisa kasih saya alamat lengkap + no telp ya2san ithu gak..???
    NB: klo bs kirim lgsg aj y ms k’ aria_potter62@yahoo.com

    Thx be4…^-^

  17. mas andy lam kenal yawh
    sya Eko mhasiswa Teknik mesin Undip semester 3
    sya sekarang gev nyari2 beasiswa neh,, secra gtu kan ortu sya ge kocar kacir nyari duit coZ naeknya harga bbm
    beasiswa yang ditawarkan di undip tuh kurabg begitu menarik
    sebernya beasiswa dari exxon mobile tuh ada yang ke undip gak??
    kapan?
    biasanya syaratnya apaan ajah?
    makasih banged lho mas….

  18. Saya, siswa smk jurusan keperawatan di denpasar, Bali kelas XXII. Jika nanti saya lulus dari sini saya mendptkan 2 ijazah yaitu ijazah keperawatan dan ijazah jurusan IPA, tp saya ingin menggunakan ijazah IPA saya untuk mencari jurusan kedokteran. Tetapi saya ingin sekali mendapatkan Beasiswa di Scholarship / sampoerna foundation. Gimana sich mas caranya untuk mendapatkan beasiswa tsb???
    Ada ga tips2 yg mas ketahui untuk mendapatkan beasiswa ini??

    please dunk mas untuk ngasi saya jawaban ke email saya

    http://www.Shanndy.girls@yahoo.co.id

    thanks before mas ANDY
    sOEsAN

  19. salam kenal mas andy.. ^_^
    perkenalkan nama saya baskara mahasiswa smstr 3 Teknik Mesin Brawijaya..
    mas boleh minta info bwt beasiswa ikatan dinas atw non-iktan dinas dari pertamina atw dept. dari Pemerintah dalam waktu dekat ini sudah ada?
    Oh y mas,,kira2 persyaratan yg diajukan untuk mendapatkan itu apa aja?

    thx b4..
    saya tunggu jawabannya y mas.. ^,^

  20. assalm…
    salam kenal mas…
    saya nasrulloh (anas), saya mahasiswa smt 5 program studi matematika uin jkt. mas, saya mau tanya2 neehh.. tolong info2 beasiswa donk mas… saya sich mencarinya beasiswa spp kuliah mas.. misalnya dari pertamina, atau mungkin dari tempat lainnya mas.. jujur saya belum pernah mengajukan beasiswa kemanapun, jadi saya butuh tuips and trick dari mas neh.. trus biasanya syaratnya apa saja yang dibutuhkan. alhamdulillah IP saya juga lumayan mas.. tolong ya mas… tks
    wassalm..

  21. Aslm wr wb.. Slm knl ka Andi.. Saya Citra Bunga Kharisma murid SMAN 1 Cikajang Garut. Ka tlng kasih informasinya tentang beasiswa, terutama mengenai beasiswa sampurna foundation. Karna saya slh st murid yg ingin sekali melanjutkan sekolah.. Terutama di ITB, STAN, atau Unpad. Saya memang lhr di keluarga yg lmyn brkecukupan, tapi saya ragu dan takut kekurangan biaya..jd, tolong beri tau informasinya untuk beasiswa 2008.. Tlng please. . . . . Sy berani seperti ini karna saya mempunyai kemauan dan tekad yang besar. Alhmdll sekarang saya di kelaz IPA dan alhmdllh saya selalu mendapatkan peringkat pertama dan juara umum..jd, saya sangat mohon sekali, atas informasinya.. Trimakasih.. Wslm.. ^_^

  22. Mas, kebetulan saya saat ini sedang menunggu untuk wawancara beasiswa luar negeri. Yang wawancara katanya bule, tentu pake english. Kira-kira tips apa ya yang jitu dalam menghadapi si bule? trims sebelumnya….

  23. Assalamu’alaikum Wr. Wb.,

    maaf, bisa bantu saya nggak??
    gimana sih caranya dapet link dari perusahaan2 yang mau ikut jadi sponsor acara bursa beasiswa gitu??
    kira2 mas ada gak link2 perusahaan yang berdomisili di bandung??

  24. mas aku Ratu Annisa Terbanggi, wanita kelahiran Yogya, 25 April 1987 tahun 2009 ini mendaftar di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tangerang dengan harapan mendapat beasiswa, tetapi diterima untuk prigram swadana. Masalahnya keluarga kesulitan mengatasi masalah biaya study yang akan berlangsung sekitar 22-24 bulan, karena sangat tinggi. Kalau ingin dapat sponsor atau semacam ikatan dinas untuk instansi tertentu bagaimana caranya, dan instansi mana saja yang dapat saya hubungi.

    Terima kasih

  25. sore, pakabar mas andy
    saya mau sikit konfirmasi tentang beasiswa EMOi itu ada g buat anak SMU ? SMK, so gmn cara mendapatkan nya
    thank

  26. Hai kak…
    Tolong diinformasikan bagaimana cara mendapatkan beasiswa dari Pertamina atau Exon mobil ya kak…
    Trima kasih

  27. kak d kmpus saya mw ada scholarship expo, kbtulan sy panitia. pnya contact person Exxon,pertamina ataupun lembaga lain yg sk memberi beasiswa g? thx🙂

  28. mas/mb saya mahasiswa semester 4 di universitas negri jakarta. saya saat ini sedang bingung dengan biaya kuliah saya karna sekarang bapak saya sudah meninggal dan kondisi keuangan keluarga saya tidak memungkinkan untuk membiayai kuliah saya. saya mohon bantuan beasiswa

  29. saya farah dina irhamni kelahiran 03 oktober 91 saya mahsiswa dari lampung yang kuliah di semarang,, saya sangat menginginkan beasiswa karena ingin meringankan beban orang tua…saya selalu membaca rata-rata beasiswa hanya diberikan untuk mahasiswa setingkat strata dan rata-rata diperuntukkan bagi mahasiswa yang kuliah di PTN. bagaimana dengan mahasiswa diploma seperti saya yang kuliah di politeknik kesehatan???bagaimana cara mendapatkan beasiswa tersebut…..apakah yang mendapat beasiswa itu harus ada relasi instansi pendidikan atau bisa secara personal saya bisa mendapatkan nya???mohon bantuannya,, bagaimana persyaratan nya agar saya bisa mendapatkan beasiswa dan apa saja kriterianya…apakah untuk mahasiswa tidak mampu/mahasiswa berprestasi/atau kriteria lain…….trimakasih mohon balasannya…

  30. ass. selamat malam mas. saya adly saya mau tanya tentang syarat2 untuk mendapatkan beasiswa dari pertamina?
    mohon info dan bantuannya
    terima kasih

  31. ass.
    mas saya dedik pegawai kontrak pertamina..saya mau tanya pekerja macam kita neh bisa kah dapatkan beasiswa untuk daptkan sertifikat dari ak migas , soalnya pekerja macam kita ini butuh banget mas..
    terima kasih

  32. assalamualaikum. . Saya mau tanya untuk beasiswa exxonmobil oil lhoksukon aceh utara kapan di buka lagi ya pendaftarannya?
    Dan apa aja syaratnya ya?
    Mohon bantuanya ya pak. .

  33. Mas nm sy yuli,mas kalo mahasiswa dr pts bisa mendptkan beasiswa dr exxonmobil oil ato tdk ?kalo bisa,gmN cra mendptkan beasiswa tsb?
    Thanks before

Leave a Reply / Tinggalkan Pesan

