Physical Check Minyak Akhir Tahun

Kilang UP VSudah menjadi prosedur di Pertamina, bahwa setiap pukul 24.00 harus dilakukan physical check untuk seluruh persediaan produk Hydro dan non-Hydro. Termasuk disaat mengakhiri tahun 2007 dan menyambut awal tahun 2008, seluruh pekerja Fungsi Keuangan turun untuk melakukan physical check ini manakala orang-orang hingar bingar dengan kegiatan menyambut tahun baru.

Kegiatan ini dilakukan untuk meyakinkan posisi persediaan yang digunakan untuk menghitung nilai persediaan dan perubahannya. Pertamina masih menganut metode penghitungan persediaan Physical/Periodic bukan Perpetual. Hasil dari perhitungan persediaan ini nantinya akan berpengaruh terhadapa P/L Statement Pertamina secara korporat. Dimana target Keuntungan Pertamina di Tahun 2007  adalah 23 Trilyun. Amiinn…

2 thoughts on “Physical Check Minyak Akhir Tahun

  1. dear Mr Andy

    mas, saya sekarang mahasiswa PPAK UGM. saya sangat tertarik ingin sekali belajar oil and gas accounting. soalnya di kampus ndak ada materinya. apalagi literatur yg bisa jadi bahan bacaan u saya. sebenarnya saya berasal dari keluarga yang dekat dengan perminyakan. ayah saya pensiunan pertamina di bagian pengeboran. bisa dibilang beliau benar2 ahli ngebor minyak dan beberap tahun pasca pensiun dikontrak perusahaan swasta sebagai toolpusher. saya sering berdiskusi dgn beliau. beliau sering cerita dari awal masuk pertamina hingga pensiun, kejadian2 yang sering terjadi di RIG. dulu saya ingin sekali ambil perminyakan tapi beliau melarang and ndak merestui. beliau beralasan kerjanya berat and jarang dirumah. mas, bagi2 informasi dong tentang akuntansi perminyakan, prosedur pengendalian, audit perminyakan, fraud yang biasa terjadi. dan buku2 terbitan indonesia yang mungkin ada.

Leave a Reply / Tinggalkan Pesan

