Pentingnya Laporan Keuangan dalam Lelang

Di tahun 2006, saya mendapatkan 2 buah masalah cukup besar dalam proses pengadaan barang dan jasa. Yang pertama adalah tidak ter-supply-nya barang dan jasa pemasangan Finfan dan Tube utk Turn Arround kilang UP V senilai 13,5Milyar oleh Perkasa Heavindo Engineering dan Pemalsuan Performance Bond oleh Blackedurr Indonesia senilai 200 Juta lebih dari total proyek senilai 4 Milyar yang gagal supply oleh Blackedurr.

Saya memang diterjunkan dalam tim utk menyelesaikan kasus diatas. Dua proses yang harus diselesaikan adalah  tindakan pemecahan (break trough) agar supply barang jasa tetap tersedia dan preventif agar tidak terulang.

Saya fokuskan dalam tulisan ini adalah analisa penyebab terjadinya dua kasus diatas. Setelah ditelaah mundur dari dokumen penunjukan hingga proses awal seleksi vendor, baik dari sisi teknis, administrasi, kewajaran harga, kewajaran jangka waktu produksi dan mobilitas material, ternyata ditemukan suatu indikasi ketidak jelian dalam proses evaluasi kemampuan Finansial vendor.

Dalam analisa saya, tim Lelang (yang melakukan proses dahulu) tidak begitu ketat dalam menganalisa Neraca Perusahaan. Di dalam Neraca kedua prusahaan bermasalah diatas ternyata menunjukan kondisi: 1. Devisit kumulatif lebih dari 1 Trilyun. 2. Tidak ada penunjukan P/L Statement Positif di 3 tahun terakhir. 3. Kondisi cashflow dibawah 20% nilai proyek.

Namun tercetus pertanyaan dalam diri saya: Kenapa tidak bisa menjaminkan PO Pertamina ke Bank atau Lembaga Pendanaan Keuangan lain untuk membantu cashflow mereka?

Kemunkinan yang terjadi adalah harga penawaran mereka sangat optimis tanpa memerlukan pendanaan pihak lain, sehingga tidak memperhitungkan biaya-biaya yang keluar apabila pendanaan dari pihak ketiga. hal ini menyebabkan ketidak berania utk berhutang.

Kemungkinan yang lain adalah bank sudah berpikir-pikir terhadap kondisi Neraca kedua perusahaan tersebut, karena kondisi Neraca Defisit yang sangat tinggi dan tidak adanya sinyal positif terhadap kinerja P/L Statement. Sehingga berisiko terhadap performa pekerjaan perusahaan tersebut.

Setelah kita telusuri ke seluruh pihak-pihak terkait dengan pengadaan material dari mulai Bea Cukai, Pensupply Raw Material di Luar Negeri, dan Agen Kapal, ternyata memang kedua perusahaan tersebut tidak mampu membayar Down Payment ataupun Term Pembayaran yang mereka kesepakati. Di Bea Cukai mereka malah tidak mampu bayar beamasuk raw material yang ada di Pelabuhan.

Parahnya lagi, karena kegagalan mereka, Performance Bond yang seharusnya bisa dicairkan oleh Pertamina tidak bisa dicairkan karena Palsu. Emmh..itulah pelajaran yang berharga. Ternyata KEAHLIAN TEKNIS dan PENAWARAN RENDAH bukan menjadi faktor utama penyediaan barang dan jasa, aspek KEUANGAN pun sangat penting.

Bagaimana dengan pengadaan barang dan jasa di Perusahaan anda??

3 thoughts on “Pentingnya Laporan Keuangan dalam Lelang

  1. Salam kenal,

    Saya juga baru tahun ini masuk tim lelang di perusahaan saya. Kebetulan saya dari Finance/Accounting. Job desc saya menganalisa laporan keuangan rekanan untuk menilai perusahaan tersebut. Mungkin ada tips dan trik lainnya pak?? Share barang aja ya…

  2. Oke pak Ibnu. Nanti jika ada permasalahan dan kasus akan kita diskusikan.

    Banyak hal–hal menarik dan trik-trik manipulasi laporan keuangan yang dikaitkan dengan pajak.

    Salam,

  3. Salam kenal,
    saya baru mempelajari hal-hal tentang kepelabuhanan termasuk tentang lelang. Adakah prosedur pelelangan dalam mendapatkan proyek tersebut? Apakah ada yang mengetahuinya dan prosedur lainnnya berkaitan dengan kepelabuhanan? Mungkin ada info dari Bapak? Mohon info… terima kasih….

Leave a Reply / Tinggalkan Pesan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s